Mitos Pantai Batuhiu Pangandaran

Pantai  Batu Hiu terkenal dengan pantainya yang khas, dan memiliki ciri karang ( batu, red ) mirip seperti ikan hiu. Lokasi pantai Batu Hiu berjarak 14 KM dari Pangandaran. Pantai Batu Hiu terletak di Desa Ciliang Kecamatan Parigi.
Kawasan objek wisata Pantai Batu Hiu selalu ramai dikunjungi setiap musim liburan. Pantainya indah dan terdapat sebuah bukit yang di tumbuhi pohon yang rindang. Dari bukit tersebut Pantai Batu Hiu ini dengan jelas terlihat Karang di tengah pantai menyerupai ikan hiu berjarak sekitar 100 M dari tepi pantai.

Tidak hanya itu dari bukit asri ini laut lepas Samudra Hindia begitu jelas terlihat. Di sebelah utara bukit bisa dijumpai beberapa petilasan, seperti makam/Kuburan keramat yang konon merupakan petilasan tokoh-tokoh yang ada kaitannya dengan sejarah Pantai Batu Hiu. 

Legenda Pantai Batu Hiu begitu melekat mewarnai tempat wisata ini, dan banyak mitos serta cerita-cerita rakyat yang dihubungkan dengan pantai Batu Hiu.

Berdasarkan cerita rakyat, bahwa pada abad ke-11 sejumlah pasukan buangan kerajaan Mataram yang dipimpin oleh Aki Gede dan Nini Gede tiba di temat ini. ketika mereka tiba di darat, mereka memutuskan untuk beristirahat dan tinggal sementara di dekat bukit,Kemudian Aki dan Nini Gede memerintahkan pasukan untuk mencari makanan,Salah satu pasukan yang disebut Ki Braja Lintang, memutuskan untuk mencari ikan di pantai dan menangkap ikan hiu,Ketika Aki dan Nini Gede mengetahui tentang ini, mereka mengatakan kepadanya untuk melepaskan ikan kembali ke lautan. Ketika mereka melepaskannya, ikan hiu tersebut berubah menjadi sebuah batu hitam besar yang berbentuk hiu dan masih bisa dilihat hingga saat ini dan dinamakan Batu Hiu.
Di Pantai Batu Hiu juga bisa untuk menikmati Sunset ( Matahari Terbenam ) di sebelah Barat yang sangat indah.

Biaya Tiket Masuk Pantai Batuhiu Pangandaran 2015.

- Pejalan Kaki 1 ( Satu ) Rp.7500,-
- Sepeda Motor Rp.10.000,-
- Kendaraan Jenis Jeep/Sedan dan Carry Rp.61.000,-
- Kendaraan Elf Rp.118.000,-
- Kendaraan Bus Kecil 3/4 Rp.181.000,-
- Kendaraan Bus Besar Rp.297.000,-


Semoga informasinya bermanfaat.


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel